Syarat Rekon SIMAN SMT I 2015: (DOWNLOAD DI SINI)

23 April 2012

IP Asset FUPP PT Badak NGL Bontang


Bulan April 2012 menjadi bulan yang cukup sibuk bagi KPKNL Bontang, dengan adanya kegiatan Inventarisasi dan Penilaian Asset FUPP PT.Badak NGL Co.  Adapun kegiatan itu dilaksanakan mulai tanggal 2 sanpai dengan 21 April 2012. Kegiatan itu sendiri dilaksanakan oleh Tim yang merupakan tim gabungan dari Kanwil 13 DJKN Samarinda dan KPKNL Bontang, terhadap kurang lebih 2.465 unit asset FUPP.
Kegiatan ini sendiri merupakan lanjutan dari kegiatan IP periode sebelumnya, dimana dalam periode pertama pada November 2010 telah dilakukan IP terhadap kurang lebih 13.000 asset aktif, dan periode kali ini dilakukan IP terhadap asset FUPP yang belum dilakukan IP pada periode pertama.
Adapun istilah FUPP (Form Usulan Penghapusan dan Penyisihan) adalah jenis asset yang telah diusulkan untuk dihapuskan, dikarenakan rusak berat, tidak ekonomis lagi bila digunakan, atau sudah tidak sesuai lagi dengan teknologi yang baru. Singkat kata, kegiatan IP kali ini dilakukan terhadap asset yang sudah tidak aktif dan telah disisihkan ke lapangan penampungan barang rusak berat dengan yang diberi nama Junk Yard.
Kegiatan IP terhadap asset yang tidak aktif kali ini tidaklah mudah, dan itu menjadi tantangan tersendiri bagi tim IP baik Kanwil 13 DJKN Samarinda dan KPKNL Bontang. Pencarian barang yang telah tersimpan selama hampir 10 tahun tidaklah mudah. Sebagian besar barang kategori elektronik seperti PC, Handy Talky, dan perangkat telekomunikasi lainnya, serta peralatan rumah tangga  yang rusak berat ditumpuk di dalam puluhan kontainer yang juga telah rusak berat karena panas dan hujan. Untuk mencarinya Tim IP harus masuk ke dalam kontainer yang pengap dan berdebu dan tidak jarang harus mengangkat barang tersebut keluar kontainer untuk diidentifikasi.
Untuk barang yang besar seperti kendaraan, traktor, dsb. Diletakkan pada lapangan yang sangat luas. Namun demikian tidaklah mudah untuk mengidentifikasinya, karena agar tidak memakan tempat, kendaraan2 dalam kategori scrap tersebut ditumpuk diatas alat berat, sehingga untuk mengidentifikasinya harus menaiki tumpukan tersebut. Hal ini akan semakin sulit bila asset yang ditemukan berada di bawah tumpukan kendaraan.

  Dengan tantangan itu semua tidak menyurutkan semangan Tim IP Kanwil 13 DJKN dan KPKNL Bontang untuk menyelesaikan tugas IP tersebut dengan sebaik-baiknya. Semua anggota tim tampak bersemangat, walaupun menghadapi kondisi cuaca yang tidak menentu, baik panas dan hujan, maupun debu. Dan dengan kerja sama yang serta kekompakan yang baik, Tim IP Kanwil 13 DJKN dan KPKNL Bontang dapat menyelesaikan laporan hasil IP tepat waktu dan telah dilakukan penandatangannan pada tanggal 20 April 2012 bertempat di Main Office PT. Badak NGL Bontang. Dalam meeting dan penandatanganan berita acara hasil IP tersebut, dihadiri oleh Kepala Bidang Penilaian Kanwil 13 DJKN Samarinda Bapak Daniel Palamonia dan Direktur PT.Badak NGL Bondang, Bapak Ir. Sutopo. (FH)